YUAN'S AREA

Area berbahaya milik Yuan, pastikan anda siap sebelum membaca isi blog ini!!!

 
Twitter Yuan
YM!Yuan
GTalk Yuan
LinkedIn Yuan
Lihat profil LinkedIn saya
Bincang Yuan

ShoutMix chat widget
Sudah solatkah anda?
Monday, November 19, 2007
Hari ini kembali ku harus kembali ke Depok.. Lewat Jakarta pastinya.. Satu permasalahan utama kota ini pun kembali terlihat,, yak kemacetan.. Jakarta kayaknya emang gak bakalan pernah lepas dari macet.. Mungkin salah satu penyebab utamanya adalah membengkaknya jumlah kendaraan di kotanya si Doel ini.. Dulu pada tahun 60-an total seluruh kendaraan di Jakarta 'hanya' 123.000, bandingkan dengan awal 2007 yang jumlah mobil pribadinya saja sudah ada 1,5 juta... wow angka yang fantastis..
Kak Seto Mulyadi pun bercerita dulu awal 90-an Jakarta sudah macet walau nggak seperti sekarang.. dari Pasar Jumat,Ciputat Raya,hingga Kebayoran kalo sudah jam 6 pagi pasti macet.. sekarang pun saya mengalami sendiri,benar memang di sepanjang jalan ini hingga ke arah jalan protokol macetnya sejuta... Tak percaya telusuri saja jalan itu hingga kawasan Jln Sisingamangaraja-Jln Sudirman-Jln Thamrin.. orang sudah ngerti kalo pasti macet,, menurut pantauan Polda Metro Jaya saat ini ada 112 titik kemacetan di Jakarta,, dulu sih jalan macet kalo ada keramaian sama kecelakaan parah..itupun nggak macet-macet banget..Atau tanyakan saja kepada Bung Iwan Fals,, waktu beliau bikin lagu 'Ujung Aspal Pondok Gede',,mungkin Pondok Gede belum semacet sekarang yang dari Kramat Jati-Pinang Ranti-Garuda-Terminal Pondok Gede bisa makan waktu banyak
Bapak saya bercerita,, dulu jamannya Roy Marten masih jadi idola remaja(sekitar 1974-1985).. daerah Tendean masih keliatan jelas perbukitannya,, jalannya agak turun dari arah Pancoran, Bangka, hingga kawasan Santa.. Atau kawasan yang sekarang sering disebut segitiga emas (Mega Kuningan) dulunya adalah pabrik gula dan disana masih sepi banget.. Anda mungkin kaget melihat foto kawasan sekitar Tugu Pancoran tahun 1983 yang dimuat di Kompas,, disitu tugu terlihat jelas,, belum banyak mobil (apalagi Flyover Jalan Tol Dalam Kota).. mungkin kita bertanya2,, kapan ya Jakarta bisa terbebas dari kemacetan?? apa solusinya??mungkinkah dengan busway yang diprotes warga Pondok Indah?atau monorail yang pembangunannya gak jelas sampe sekarang?? alih2 kelar,, yang ada jalanan tambah macet.. belum lagi sistem tol yang menerapkan tarif sama untuk jarak jauh-dekat..otomatis mobil2 itu lebih suka lewat jalan biasa,, walaupun capek nginjek kopling atau mangkel kesenggol motor..btapi kemacetan ini tetap membawa keuntungan bagi para pedagang cakwe atau bakpau di bilangan Gandaria,,jadi nggak semuanya merasa rugi kayaknya ^^..
Saran bagi mereka yang ingin ngerasain Jakarta yang 'rada' sepi,, jalan2lah hari Sabtu pagi sekitar pukul 6.. udara masih dingin dan anda bisa sedikit menghirup napas Jakarta yang sehari2nya cuma diisi knalpot,, yg ternyata BBMnya hanya habis untuk macet..hola-hola

Salam dari mereka yang merindukan Jakarta..

Labels:

posted by Yuan Hanif @ 1:45 PM  
2 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Yuan Hanif
Home: Tangerang, Banten, Indonesia
About Me: Terserah deh apa yang kamu pikirkan!!! Tapi yang baik2 aja ya.. =========================== Yuan,seorang lulusan Fasilkom UI angkatan 2006. Suka hal2 baru,terutama teknologi informasi.
See my complete profile
Previous Post
Arsip Yuan
Kategori
Teman Yuan
© 2005 YUAN'S AREA
online